Breaking News

MENJAGA KUALITAS AIR AGAR PERFORMA TETAP MENGALIR

“Nutrisi” yang Terlupakan
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak tentunya pakan merupakan sumbernya, kendati demikian air juga mengandung nutrisi berupa mineral makro maupun mikro yang juga dibutuhkan ternak. Mineral yang terkandung di dalam air harganya sangat murah alias gratis. Hanya saja tinggal bagaimana peternak dapat menjaga kualitas dari sumber air tersebut.
Selain sebagai sumber mineral, air juga memiliki beberapa fungsi dalam fisiologis ayam. Hal tersebut disampaikan Head of Production AS Putra Perkasa Makmur, Daru Wiratomo, dalam sebuah webinar. Beberapa fungsi air yakni sebagai media untuk penyerapan nutrisi, memperlancar pakan melewati saluran cerna, media transportasi nutrisi pada multi-organ, membuang materi yang tak dibutuhkan oleh urin melalui ginjal, regulasi suhu tubuh dan cairan pelumas persendian dan berbagai organ.
“Kita sering melupakan fungsi air, padahal vital dan esensial. Kita jangan main-main dengan kualitas air di farm. Soalnya ayam butuh air buat minum, kita juga butuh air untuk media pembersih dan disinfeksi, ini penting buat semuanya,” tutur Daru.
Lebih lanjut dijelaskan, air yang hendak diberikan kepada ayam harus memenuhi berbagai kirteria yang baik dari segi fisik, kimia, bahkan mikrobiologis. Ketiganya harus memiliki standar yang baik agar ayam nyaman dan aman dari kondisi penyakit, karena akibat air yang tercemar mikroba patogen atau kualitas fisik dan kimia yang kurang baik.
Bisa Menjadi Kawan atau Lawan
Dalam kesempatan yang sama, peternak broiler dari Berkah Putra Chicken, Rahmad Susilowarno, mengatakan jika di-manage dengan baik air akan… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2022. (CR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *