PENGENDALIAN PENYAKIT BERSAMA NOVINDO DAN IMA

PENGENDALIAN PENYAKIT BERSAMA NOVINDO DAN IMA
Researcher of Prof Nidom Foundation, Prof Dr Drh C. A. Nidom MS, selaku pembicara langsung membahas kontrol sitokin melalui penggunaan fitogenik. Dijelaskan, sitokin menjadi perhatian penting khususnya pada infeksi penyakit. Sitokin sendiri merangsang terbentuknya antibodi, namun perubahan sitokin yang berlebihan (banjir sitokin) menjadi sulit dikendalikan dan menyebabkan terjadinya inflamasi.
“Peradangan suatu patogen jelas merugikan, saat merusak sel untuk memperbanyak diri secara tidak sengaja patogen memengaruhi kesehatan host-nya. Adanya infeksi ini akan memicu rilisnya sitokin. Kinerja sitokin untuk memengaruhi organ lain bisa memberatkan gejala yang dialami hospes, sehingga memberikan efek penurunan performa,” ujar Nidom.
Untuk menghambat inflamasi, ia mengemukakan penggunaan fitogenik bisa memberikan efek pada ayam. Dijelaskan Nidom, senyawa aktif fitogenik bisa bekerja sebagai anti-inflamasi yang dapat menekan produksi sitokin dan menghindari terjadinya banjir sitokin.
“Juga sebagai antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba patogen dan merangsang pertumbuhan bakteri komensal pada usus. Kemudian juga sebagai antioksidan yang menghambat produksi Oksida Nitrat (NO) dan aktivitas NFKB,” jelasnya. Lebih lanjut, apabila sistem imun terjaga dengan baik pada saluran tubuh dan saluran pencernaan, tentu akan meningkatkan performa dan kualitas protein untuk dikonsumsi.
Hal tersebut juga diamini oleh Dr Tobias Steiner yang merupakan expert gut health, phytogenics and natural growth promoter, yang menjadi pembicara kedua. Tobias secara mendalam membahas mengenai penggunaan produk alami dari isoquinoline alkaloids (IQs) untuk mengatasi inflamasi pada saluran pencernaan.
Dijelaskan pula oleh Tobias, bahwa pemberian IQs tersebut pada ternak ayam mampu menstabilkan integritas usus, memberikan maintenance pada feed intake, meningkatkan performa ternak dan mereduksi stres yang dapat memengaruhi kesehatan ternak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *