PENGGUNAAN DRONE UNTUK PETERNAKAN SAPI

PENGGUNAAN DRONE UNTUK PETERNAKAN SAPI

Mengelola area ternak yang luas dan memantau ternak adalah pekerjaan yang memakan waktu. Namun, dengan adanya drone atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) hal itu bisa diatasi.

Penggunaan drone untuk memantau ternak sapi perlahan mulai digunakan di beberapa negara. Israel dan Australia saat ini kabarnya sudah menggunakan banyak cattle monitoring drone.

Drone dapat digunakan untuk menghitung jumlah hewan, memantau hewan yang sakit, memantau perilaku hewan yang tidak biasa, kelahiran anak sapi, dan sebagainya. Menggunakan drone untuk memantau ternak dapat memberikan hasil yang lebih cepat, fleksibel, dan lebih banyak waktu untuk fokus pada aktivitas penting lainnya.

Para peneliti telah mengembangkan cara penggunaan drone di peternakan selama beberapa tahun terakhir. Sebuah studi oleh Jung dan Ariyur (2017) berhasil menggunakan empat drone quadcopter untuk menggiring ternak ke kandang dengan menggunakan perangkat pembuat kebisingan yang dipasang pada drone.

Menghitung ternak menggunakan drone adalah aplikasi populer lainnya untuk menghemat waktu dan memberikan manajemen peternakan yang lebih baik. Namun, kesalahan penghitungan dengan drone dapat terjadi karena pergerakan sapi dan tipe lanskap (padang rumput yang lebat, rumput kering, lahan kosong, dsb).

Baca Juga:   JOKOWI SOAL TERNAK UDANG: MODAL RP 180 JUTA BISA DAPAT RP 320 JUTA

Drone komersial untuk peternakan sapi sudah tersedia di pasaran, misalnya DJI dan Barger Drone. Dilengkapi dengan sensor, software, dan beberapa opsi untuk memantau ternak.

Barger Drone menyediakan fitur seperti penerbangan otomatis ke tangki air untuk memeriksa ketinggian air, menggembalakan ternak, memeriksa pagar, dan aplikasi seluler yang memungkinkan ponsel menganalisis foto yang diambil oleh drone.

DJI juga menyediakan fitur serupa dan selain itu memiliki opsi untuk menambahkan kamera termal yang dapat melihat sapi di bawah kanopi pepohonan, membedakan hewan dari sumber panas lainnya, dan juga dapat berguna dalam mendeteksi predator di dekatnya.

Sumber: dairyglobal.net

Similar Posts:

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.