KEMENTAN DAN GERAKAN TIGA KALI EKSPOR

Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) adalah program yang tengah disosialisasikan Kementerian Pertanian (Kementan) Melalui program ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh pemangku kepentingan agribisnis untuk melakukan gerakan bersama meningkatkan ekspor pertanian tiga kali lipat.

“Kementan memiliki lima langkah strategis Kementan dalam pencapaian Gratieks berdasarkan landasan hukum Permentan Nomor 19 Tahun 2019,” kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ir Fini Murfiani MSi.

Fini menguraikan lima langkah tersebut diantaranya meningkatkan volume ekspor, mendorong pertumbuhan eksportir baru, menambah negara mitra dagang, menambah ragam komoditas ekspor, dan meningkatkan frekuensi pengiriman.

Melalui Direktorat Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan dalam program Gratieks ini juga mendorong para produsen obat hewan untuk bersama-sama meningkatkan nilai ekspor obat hewan.

“Indonesia berada di nomor 14 dalam ekspor vaksin ke dunia dan nomor 1 di asia. Kita pasti bisa lebih dari ini,” semangat Fini saat menjadi pembicara dalam kegiatan Pertemuan Produsen Obat Hewan di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga:   Infovet – MSD Adakan Seminar Penggunaan Antibiotik sebagai Terapi Melalui Pakan

Tahun 2020, Fini mengatakan, untuk ekspor obat hewan ditargetkan mencapai angka 689 ton.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Sub Bidang Eksportir Asosiasi Obat Hewan (ASOHI) menyampaikan sejumlah usulan kepada pemerantah. Antara lain pemerintah diharapkan menyediakan data potensi negara tujuan sebagai referensi dan assessment awal untuk mengambil keputusan.  

Usulan lainnya kepada pemerintah agar mengupayakan perihal melobi larangan impor obat hewan dari Indonesia, seperti negara dan Nepal dan Filipina yang melarang produk vaksin dari Indonesia untuk masuk negara mereka. (NDV)

Narasumber : http://www.majalahinfovet.com

Similar Posts:

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.