PT JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk DAN PT SURI TANI PEMUKA GANDENGA PERUSAHAAN BELANDA DIRIKAN PUSAT UDANG
Home BlogEkonomi & BisnisPT JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk DAN PT SURI TANI PEMUKA GANDENGA PERUSAHAAN BELANDA DIRIKAN PUSAT UDANG

PT JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk DAN PT SURI TANI PEMUKA GANDENGA PERUSAHAAN BELANDA DIRIKAN PUSAT UDANG

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. menggandeng perusahaan asal Belanda untuk mendirikan pusat pembiakan induk (Broodstock Multiplication Centre/BMC) udang di Indonesia.

Berdasarkan keterbukaan informasi, emiten berkode saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk tersebut melalui anak usahanya yaitu PT Suri Tani Pemuka (STP) telah menandatangani kesepakatan usaha joint venture dengan Hendrix Genetics Aquaculture BV untuk mendirikan pusat pembiakan induk udang di Indonesia.

“PT Suri Tani Pemuka akan memegang 49 persen saham di perusahaan dalam joint venture ini,” tulis Sekretaris Perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Maya Pradjono, seperti dikutip pada Minggu (11/10/2020).

Maya menambahkan bahwa modal awal untuk perusahaan dalam kerja sama ini senilai Rp20 miliar. Dengan kepemilikan sebesar 49 persen, PT Suri Tani Pemuka akan mengeluarkan dana sekitar Rp9,8 miliar dan HGA dengan kepemilikan 51 persen senilai Rp10,2 miliar.

Selain itu, PT Suri Tani Pemuka juga akan membangun dan memiliki pusat pembiakan induk udang tersebut senilai Rp33,5 miliar. Nantinya, BMC itu akan disewakan kepada perusahaan dalam joint venture ini selama 10 tahun pertama dengan harga pasar. PT Suri Tani Pemuka pun memiliki opsi untuk membeli BMC tersebut dengan harga pasar.

Baca Juga:   Pembagian Dividen PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Rp234 Miliar

Maya menyampaikan sumber pendanaan untuk perusahaan dalam joint venture ini akan diambil PT Suri Tani Pemuka dari kas internal dan/atau pinjaman bank.

“Transaksi ini diharapkan tidak memberikan dampak material terhadap nilai aset berwujud bersih konsolidasi per saham dan laba konsolidasi per saham perseroan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk untuk tahun buku berjalan,” tulis Maya.

Adapun, PT Suri Tani Pemuka memiliki lini usaha di bidang produksi pakan ikan dan udang, pembenihan dan pembesaran ikan dan udang, serta pengolahan produk ikan dan udang.

Sedangkan Hendrix Genetics Aquaculture BV atau HGA merupakan entitas induk dari unit bisnis Aqua Genetics dari Hendrix Genetics Group.

HG Group dikenal sebagai pemasok utama indukan udang bebas patogen yang khusus dikembangkan secara genetik untuk industri udang Indonesia.

Sumber : https://market.bisnis.com/

Similar Posts:

Baca Juga:   ND, EDS, IB, Pakan, Kandang dan Penurunan Produksi Telur

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.