PUSVETMA KEMENTAN LUNCURKAN APLIKASI VETMALANCE

SURABAYA, 17 November 2020. Bertempat di Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) yang merupakan salah satu unit kerja dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan inovasi di era globalisasi teknologi. Salah satunya, Pusvetma baru saja meluncurkan aplikasi yang diberi nama VetmaLance atau Veteriner Farma Layanan Cepat.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr. Ir. Nasrullah M.Sc memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Pusvetma. Ia memastikan akan memberikan dukungan kepada Pusvetma yang menggagas aplikasi layanan cepat tesebut sebagai upaya baru strategi pemasaran.

“Ini sangat baik sebagai upaya baru strategi pemasaran. Kami akan berikan dukungan maksimal kepada Pusvetma untuk mengembangkan inovasinya,” ujar Nasrullah.

Ia menambahkan, inovasi yang dilakukan Pusvetma lewat aplikasi daring/online ini juga sekaligus menjadi jawaban dari tuntutan inovasi teknologi di era 4.0 yang serba online atau mengandalkan internet. Menurutnya, dengan masuk ke dunia online, maka akan memberi kemudahan bagi masyarakat.

“Apa yang dilakukan Pusvetma ini memberikan kemudahan dan akses yang luas kepada masyarakat untuk mendapatkan produk-dan informasinya,” imbuh Nasrullah.

Baca Juga:   Perkuat Ketahanan Pangan, Mentan Syahrul: Pembagian Pupuk dan Benih Jangan Terlambat!

Meski demikian, ia mengingatkan agar Pusvetma tidak terlena atas capaian inovasi yang positif ini. Nasrullah mengimbau agar Pusvetma terus melakukan evaluasi terhadap aplikasi VetmaLance ini.

Dengan evaluasi, lanjut Nasrullah, maka dapat diketahui apakah informasi tersampaikan atau tidak kepada masyarakat. Karena, tujuan dan harapan utama dari aplikasi ini adalah produk Pusvetma semakin banyak yang diminati dan digunakan masyarakat.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi atas terobosan-terobosan yang dilakukan Pusvetma saat ini, dan aplikasi ini tentu harus selalu di update (membarui) serta di evaluasi apakah Aplikasi ini mampu melayani, terinfokan, efisien dan efektif,” paparnya.

Kepala Pusvetma, Agung Suganda menjelaskan, Aplikasi VetmaLance merupakan aplikasi penjualan berbasis mobile android dan website yang tentunya terkoneksi dengan internet. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan transaksi pembelian produk-produk untuk kesehatan hewan produksi Pusvetma secara online.

Seperti halnya aplikasi penjualan online atau e-commerce lainnya, Aplikasi VetmaLance ini dirancang mudah untuk digunakan dan dilengkapi fitur tracking atau pemantauan guna mengetahui sampai dimana proses barang yang dipesan. Pengguna juga dapat melakukan pembayaran menggunakan internet/mobile banking serta pembayaran mudah lainnya.

Baca Juga:   Aplikasi Angon, Jembatani Peternak Rakyat dan Masyarakat Urban

Hal ini dapat dilakukan sendiri secara mudah oleh pengguna aplikasi. Di samping itu, VetmaLance juga diyakini memiliki keunggulan dan perbedaan dari e-commerce lainnya.

“Perbedaan Vetmalance yaitu, aplikasi ini dibuat secara khusus untuk penjualan atau pembelian produk BLU yang memiliki prosedur khusus termasuk produk yang membutuhkan persyaratan spesifik dalam pengemasan dan pengirimannya,” jelas Agung.

Selain itu, dengan aplikasi ini pelanggan dapat memantau status pesanannya. Feedback atau umpan balik juga diaplikasikan di VetmaLance, harapannya produsen dapat mengetahui keluhan atau masukan dari pengguna secara cepat.

Agung menambahkan, aplikasi VetmaLance ini juga dirancang untuk memungkinkan dipergunakan bagi instansi pemerintahan yang menggunakan anggaran APBN dan APBD.

 

Narahubung:

https://ditjenpkh.pertanian.go.id/
Drh. Agung Suganda, M.Si
Kepala Pusat Veteriner Farma
Ditjen PKH, Kementan RI

Similar Posts:

Baca Juga:   Mengenal Mesin Pengering Jagung

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.