WEBINAR PROSEDUR IZIN USAHA OBAT HEWAN DI JAWA TIMUR

WEBINAR PROSEDUR IZIN USAHA OBAT HEWAN DI JAWA TIMUR

SURABAYA, Selasa 11 Agustus 2020. Melalui aplikasi Zoom Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) Daerah Jawa Timur mengadakan webinar bertajuk “Prosedur Izin Usaha Obat Hewan di Jawa Timur”. Webinar ini diikuti oleh para pelaku usaha di bidang obat hewan dan Dinas terkait di tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur.
Dalam Webinar ini, Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, drh. Diana Devi, M.Kes menjadi narasumber dengan materi berjudul “Prosedur Izin Usaha Obat Hewan di Jawa Timur Tahun 2020”.
Materi yang disampaikan meliputi Dasar Hukum Pengawasan dan Peredaran Obat Hewan, Dasar Hukum Izin Usaha Obat Hewan, serta prosedur dan persyaratan dalam mendapatkan izin usaha obat hewan, yang pendaftarannya kini bisa dilakukan secara online melalui website (www.izin.p2t.jatimprov.go.id).
Drh. Diana Devi, M.Kes menekankan mengenai fungsi dari Penanggung Jawab Teknis Obat Hewan (PJTOH) dalam suatu perusahaan obat hewan. Seorang PJTOH, bertanggung  jawab terhadap semua kegiatan produksi, importir, eksportir, apabila terjadi obat hewan ilegal, serta pemalsuan. Untuk menjaga mutu, khasiat dan keamanan obat hewan, suatu perusahaan wajib menempatkan tenaga Dokter Hewan dan atau Apoteker sebagai PJTOH. Apabila suatu perusahaan obat hewan tidak memiliki PJTOH, maka perusahaan itu bisa mendapatkan konsekuensi berupa pencabutan izin usaha obat hewan, seperti yang disebutkan dalam PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 18 TAHUN 2009, PASAL 19 Ayat 1 dan 2.
Data Hingga 2020, di Jawa Timur telah ditemui beberapa penyimpangan pada perusahaan obat hewan diantaranya; 56 (lima puluh enam) jenis usaha tidak memiliki nomor register, Nomor registrasi sudah tidak berlaku sebanyak 16 (enam belas) jenis usaha, nomor register tidak sesuai  ketentuan sebanyak 10 (sepuluh), Obat hewan kedaluwarsa sebanyak 2 (dua), serta 1(satu) obat mengandung  campuran antibiotika dan  vitamin.
Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari menyambut baik dan sangat mendukung webinar ini. Irawati juga berkenan mengajak peserta webinar yang belum menjadi anggota, untuk bergabung dengan ASOHI. “Baik pet shop, poultry shop, distributor, dan lainnya itu bisa menjadi anggota ASOHI. Sehingga akan mendapatkan manfaat sebagai anggota ASOHI, diantaranya ASOHI akan menjembatani antara anggotanya dengan pemerintah,” ajak Irawati.
Sumber : http://www.asohi.org (NDV/WK)

Similar Posts:

Baca Juga:   PENGUNGSI TERNAK GUNUNG AGUNG | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.