MA’RUF AMIN BUKA SEMINAR PINSAR, DUKUNG TERBENTUKNYA KOPERASI PETERNAK YANG KUAT
Home BlogIptekMA’RUF AMIN BUKA SEMINAR PINSAR, DUKUNG TERBENTUKNYA KOPERASI PETERNAK YANG KUAT

MA'RUF AMIN BUKA SEMINAR PINSAR, DUKUNG TERBENTUKNYA KOPERASI PETERNAK YANG KUAT

 

 

Wakil Presiden terpilih Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin berpendapat para peternak unggas Indonesia sudah memahami teknik peternakan secara baik. Selain itu secara kultutal mereka pekerja keras, ulet dan disiplin. Artinya etos kerjanya baik. Yang perlu diperkuat adalah pola kerjasama antar para peternak. Kerjasama yang diharapkan dalam bentuk koperasi yang dikelola dengan baik.

Pandangan tersebut disampaikan pada saat memberikan sambutan pada seminar Nasional Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia), Sabtu 21 September 2019 di Gand Zuri hotel, BSD, Tangerang. Seminar diikuti oleh pengurus Pinsar pusat dan daerah,  sejumlah pimpinan asosiasi perunggasan, pejabat di Ditjen PKH dan tamu undangan.

Ma’ruf mengatakan di negara maju seperti Eropa, koperasi mampu menjadi bisnis kelas dunia. Hal ini harus diupayakan oleh peternak di Indonesia.

“Untuk itu perlu campur tangan pemerintah agar peternak dapat hidup dan terus berkembang melalui lembaga koperasi,” tegas  Ma’ruf.

Terhadap tantangan di masa depan antara lain kekalahan Indonesia di WTO, Ma’ruf berpendapat ini adalah PR pemerintah dan semua stakeholder. Kita semua perlu  berkontribusi untuk mengatasi tantangan ini. Beberapa langkah misalkan menggalang   sentimen masyarakat agar mengonsumsi daging ayam lokal yang lebih fresh dan jaminan halal.

Di akhir sambutan, Ma’ruf berpesan agar kita semua optimis dalam menghadapi berbagai tantangan. “Tetaplah optimis dalam menghadapi berbagai macam tantangan. carilah solusinya melalui seminar ini,” ujarnya. Ia juga mengingatkan agar hasil seminar ini hanya bagus dalam pemikiran, tapi dapat ditindaklanjuti sehingga memberi nilai tambah bagi perunggasan nasional.Munas, Pelantikan Pengurus dan Seminar 

Baca Juga:   PETERNAK MENUNTUT HARGA PAKAN DAN DOC TURUN

Jajaran pengurus pusat Pinsar Indonesia

Seminar yang dibuka Wapres terpilih ini merupakan rangkaian acara Munas V Pinsar Indonesia yang berlangsung mulai kemarin (20/9/2019). Sebagaimana diberitakan Infovet tadi malam, Munas telah menghasilkan keputusan berupa penetapan Ketua Umum Pinsar Singgih Januratmoko dan Ketua Dewan Pembina Hartono untuk periode 201902024. Pagi tadi acara dilanjutkan dengan pelantikan seluruh jajaran pengurus Pinsar periode 2019-2024, yang dilakukan oleh Ketua Umum terpilih Singgih didampingi Ketua Dewan Pembina Hartono, dan disaksikan oleh seluruh peserta Munas dan peserta seminar.

Dari susunan pengurus Ketua Umum didampingi oleh Ketua Harian yang dijabat oleh Eddy Wahyudin yang sebelumnya sebagai Wakil Ketua Umum. Tampak ada tokoh senior masuk dalam jajaran dewan pembina antara lain Dr. Ir. Rachmat Pambudy dan Prof Muladno. Sementara itu ada bidang baru yaitu bidang unggas Lokal yang dipimpin oleh Naryanto, seorang pembibit ayam kampung yang cukup dikenal. Ada juga Bidang Kesmavet yang dikomandani oleh Drh Rakhmat Nuriyanto, mantan Ketua Umum ASOHI,

Baca Juga:   DEMONSTRASI PETERNAK DI KEMENTAN HASILKAN BEBERAPA KESEPAKATAN

Setelah pelantikan dilanjutkan dengan peluncuran Koperasi Pinsar Unggas Sejahtera yang bekerjasama dengan Koperasi Akurat (Akar Usaha Rakyat Terpadu Indonesia)  untuk memasarkan hasil anggota Pinsar.

KH Akhmad Syauqi, Dr Sofyan Syaf dan Prof Muladno

Adapun seminar nasional yang dipandu oleh pakar sosiologi pedesaan IPB Dr Sofyan Syaf menghadirkan narasumber Prof Muladno dan KH Akhmad Syauqi yang merupakan pengasuh sebuah Pondok Pesantren. Syauqi adalah putra dari KH Ma’ruf Amin.

Seminar mengangkat tema Membangkitkan Kembali Sejuta Peternak UMKM di Era Milenial.***

Agribiz Network

Similar Posts:

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.