PROMO BULAN BHAKTI PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

PROMO BULAN BHAKTI PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

Tersedianya data yang akurat, reliabel, dan terbarukan akan menjadi awal kesuksesan perencanaan pembangunan (Suhubdy dkk., 2018). Data yang akurat dan terbarukan relatif langka terutama dalam sektor peternakan. Dr Rochadi Tawaf, dkk. (2020) mengkompilasi data penting dalam bisnis peternakan dan menerbitkan dalam sejilid buku berjudul: DATA BISNIS PETERNAKAN – 2020 (Penerbit Gita Pustaka, Jakarta, 2020).
Buku mungil yg terdiri dari 196 halaman berdimensi 14,8 x 21 cm ini, dicetak dengan art paper memuat kapita-selekta data peternakan. Tertulis dalam IX bab, yakni I. Gambaran Umum Peternakan Indonesia, II. Peternakan Unggas Indonesia, III. Peternakan sapi potong dan sapi perah, IV. Kerbau, V. Kambing dan Domba, VI. Ternak Babi, VII. Industri Pakan, VIII. Industri obat Hewan, dan IX. Data Pendukung Industri Peternakan.
Menyimak dari judulnya, intuisi saya berharap buku ini akan sangat lengkap memuat segala informasi bisnis peternakan di Indonesia. Seperti kita ketahui penerbit buku ini adalah grup majalah INFOVET, maka termuatnya serangkaian iklan membuat buku ini kurang nyaman dibaca selain penulisan judul bab-bab yang tidak konsisten, membuat buku ini kurang elegan.
Dengan tertulisnya tahun 2020 di judulnya akan berakibat pada periode data yang dimuatnya sehingga buku ini harus diperbarui setiap tahunnya. Mungkin awalnya buku ini ingin menyajikan data-data pembangunan peternakan yang komprehensif, akan tetapi menyimak dari isinya dan data yang dimuatnya, isinya lebih cocok sebagai informasi awal yang sangat baik untuk memulai menulis proposal, buku, makalah atau persiapan ujian karya ilmiah dalam sektor dan ilmu peternakan.
Sebagai buku data, walaupun tak begitu lengkap, sepantasnya disimak oleh mahasiswa dan wartawan atau calon penulis pemula dalam rangka mencari ide yang akan ditulisnya. Sebagai buku data, buku ini menyajikan data yang berkaitan dengan pembangunan sektor peternakan yang cukup berarti.
Menurut hemat saya, sebagian data di dalamnya adalah data bisu dan sebagian yang lain adalah data hidup. Walaupun demikian, buku ini relatif urgen untuk disimak. Apalagi sejak dilantiknya Mentan Syahrul Yasin Limpo menginginkan keseragaman data dan sumber data di Departemennya. Buku ini adalah langkah awal menuju ke sana. Selamat menyimaknya (SFR, 08-08-2020).

Resensi buku ini ditulis oleh Prof. Dr. Suhubdy Yasin MSc., Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

Baca Juga:   KEKURANGAN PAKAN MENDORONG PARA PETERNAK IRAN UNTUK MENGUBUR DOC HIDUP-HIDUP

Harga Buku Data Bisnis Peternakan 2020 Rp 200.000 (belum termasuk ongkos kirim). Untuk pembelian dapat menghubungi GITA Pustaka CP: Wawan (08568800752), Achmad (089617484158), atau Aris (08561555433) 

Similar Posts:

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.