AYAM SEHAT BERKAT AIR MINUM BERKUALITAS

Tidak bisa dipungkiri bahwa air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, termasuk ayam. Air menjadi salah satu titik kritis dalam aspek pemeliharaan seperti halnya pakan. Oleh karena itu dibutuhkan trik tertentu dalam menjaga kualitas dan kuantitas air minum.

Semua orang pasti setuju bahwa ungkapan air adalah sumber kehidupan adalah benar. Bayangkan jika dalam sehari saja makhluk hidup tidak minum, tentunya akan terjadi dampak buruk bagi kesehatan.

Secara fisiologis, air berfungsi sebagai media berlangsungnya proses kimia dalam tubuh ayam. Selain itu, air juga berperan sebagai media pengangkut, baik mengangkut zat nutrisi maupun zat sisa metabolisme, mempermudah proses pencernaan dan penyerapan ransum, respirasi, pengaturan suhu tubuh, melindungi sistem syaraf maupun melumasi persendian. Hampir semua proses di dalam tubuh ayam melibatkan dan memerlukan air.

Oleh karenanya kualitas dan kuantitas air minum harus terjaga. Kendati demikian, sebenarnya berapa banyak ayam minum dalam sehari? Tabel berikut bisa menjadi jawabannya.

Tabel 1. Kebutuhan Air Minum Ayam/Hari (Liter/1.000 ekor) pada Suhu 21° C

Baca Juga:   ILDEX INDONESIA 2017 WADAH PERKEMBANGAN INDUSTRI PETERNAKAN

Umur (Minggu) Kebutuhan Air Minum (Liter)
1 65
2 120
3 180
4 245
5 290
6 330

Sumber: Poultryhub.com 2017.

Tabel 2. Kebutuhan Air Minum Layer (liter/1.000 ekor) pada Suhu 21° C

Fase Produksi Umur/Perkiraan Produksi Kebutuhan Air Minum (Liter)
Pullet 4 Minggu 100
12 Minggu 160
18 Minggu 200
Laying Produksi telur 50% 220
Produksi telur 80% 270

Sumber: Poultryhub.com 2017.

Konsumsi air minum ayam dapat menjadi indikasi kesehatan, juga sebagai indikasi baik/buruknya manajemen pemeliharaan. Ketika konsumsi air minum turun, maka peternak harus segera mengevaluasi kemungkinan penyebabnya. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, misal ayam sedang terinfeksi penyakit, kondisi lingkungan kandang terlalu dingin, jumlah dan distribusi tempat minum tidak merata, tempat minum kotor, kualitas air buruk terutama terlihat dari fisik air dan lain sebagainya.

Masalah Kuantitas dan Sumber Air

Pada musim kemarau mungkin peternak akan menghadapi masalah terkait dengan air minum, yakni… (Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Oktober 2020) (CR)

Sumber : http://www.majalahinfovet.com/

Baca Juga:   Membangkitkan Selera Makan dengan Telur

Similar Posts:

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.