MUNAS VIII ASOHI : IRAWATI FARI LANJUTKAN KEPEMIMPINAN 2021-2025

MUNAS VIII ASOHI : IRAWATI FARI LANJUTKAN KEPEMIMPINAN 2021-2025

Munas VIII ASOHI pada Selasa 26 Oktober 2021 menetapkan Gani Haryanto sebagai Ketua Badan Pengawas ASOHI 2021-2025. Sementara itu Drh Irawati Fari terpilih kembali menjadi Ketua Umum ASOHI 2021-2025.

Munas VIII ASOHI menyepakati beberapa perubahan antara lain periode kepengurusan yang sebelumnya 5 tahun menjadi 4 tahun dengan batasan maksimal 2 periode kepemimpinan..

 

Gani Haryanto

Kedua, karena ASOHI pada tahun 2015 telah resmi sebagai badan hukum perkumpulan, maka AD/ART menyesuaikan dengan aturan tentang badan hukum Perkumpulan. Diantaranya dengan adanya Ketua Badan Pengawas yang harus dipilih dalam Munas. Sehingga Munas kali ini selain memilih Ketua Umum juga menetapkan Ketua Badan Pengawas. Dalam kepengurusan sebelumnya posisi Badan Pengawas setara dengan Dewan penasehat yang dipimpin Gani Haryanto, mantan Ketua Umum ASOHI 2005-2010 dan telah aktif mengabdi untuk kemajuan ASOHI sejak organisasi yang menghimpun perusahaan obat hewan ini berdiri

Penetapan Ketua Badan Pengawas maupun Ketua Umum dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat dalam bidang pleno ke-5 yang dipimpin oleh Drh Gowinda Sibit.

Munas VIII ASOHI adalah Munas yang pertama kali dilakukan secara daring, Menurut Ketua Panitia pelaksana Munas Ir Teddy Candinegara, Munas seharusnya dilakukan bulan Mei 2020 namun karena situasi pandemi, sehingga diputuskan ditunda tahun 2021 dengan harapan tahun 2021 sudah bebas dari pandemi Covid-19 dan Munas dapat dilakukan secara tatap muka (offline). Namun karena hingga tahun 2021 ini pandemi belum berakhir, pengurus ASOHI Pusat, Dewan penasehat serta pengurus ASOHI daerah dalam sebuah Rapat Kordinasi Nasional menyepakati Munas dilakukan secara daring tanggal 26 Oktober 2021.

Agenda Munas Lancar

Rakhmat Nuriyanto

Ketua Panitia Pengarah Drh Rakhmat Nuriyanto menyatakan, untuk menyukseskan Munas secara daring pihaknya telah menyiapkan materi Munas sejak lebih dari 6 bulan lalu. Materi Munas antara lain rancangan Tata Tertib Munas Daring, penyempurnaan AD ART, Program Kerja, Kode Etik dan Rekomendasi Munas.

Materi tersebut dibahas oleh Panitia Pengarah, selanjutkan didiskusikan dengan Dewan penasehat ASOHI dan dilakukan rapat bersama dengan pengurus ASOHI Pusat dan daerah. “Dengan pembahasan materi yang intens sebelum Munas , diharapkan pembahasan di dalam Munas daring dapat berjalan lebih lancar,” ujar Rakhmat.

Munas yang berlangsung jam 8.30-17.00 ini mengagendakan acara 5 sidang pleno dan 3 sidang komisi, yang diawali dengan pembukaan Munas yang diikuti oleh sekitar 250 an orang peserta, peninjau dan tamu undangan, sedangkan acara inti Munas diikuti sekitar 150 orang peserta dan peninjau.

Sidang Pertama Munas dipimpin oleh Ketua Panitia Pengarah untuk menetapkan tata tertib dan pemilihan Presidium. Mulai sidang pertama hingga akhir, merupakan acara internal yang diikuti oleh peserta dan peninjau Munas yang sudah secara resmi mendapat surat mandat dari pengurus. Peserta Munas terdiri dari pengurus pusat, pengurus daerah dan perwakilan anggota. Sedangkan paninjau adalah anggota Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Dewan Kode Etik serta pimpinan badan usaha milik ASOHI.

 

Dalam sidang pleno pertama peserta menyepakati 5 anggota presidium Munas yaitu Drh Gowinda Sibit, Drh Forlin Tinora, Drh Lukas Agus Sudibyo, Drh Nurvidia Machdum dan Drh Suyud. Kelima anggota presidium ini mewakili unsur pengurus pusat, daerah dan anggota. Melalui rapat tertutup dalam link zoom yang terpisah, Presidium menyepakati Drh Gowinda Sibit sebagai Pimpinan Sidang dan Drh Forlin Tinora sebagai Sekretaris Sidang.

Adapun sidang komisi terdiri dari 3 komisi yang dilakukan melalui 3 link zoom yang berbeda, masing-masing dipimpin oleh Drh rakhmat Nuriyanto (Komisi I membahas AD ART), Drh A, Harris Priyadi (Komisi II membahas Program Kerja), Drh Lukas Agus Sudibyo (Komisi III membahas  Kode Etik dan Rekomendasi).

Pemilihan Pimpinan Secara Aklamasi

Penetapan Ketua Badan Pengawas dan Ketua Umum dilakukan dalam Sidang Pleno V yang merupakan agenda terakhir. Dalam sidang ini peserta secara bulat menyepakati Gani Haryanto dan Irawati Fari sebagai Ketua Badan pengawas dan Ketua Umum periode 2021-2025. Sebelum penetapan Ketua Umum,  Pimpinan Sidang Gowinda Sibit menyampaikan Syarat dan kriteria Ketua Umum yang telah dibahas oleh Panitia Pengarah. Disampaikan pula bahwa dari daerah ada beberapa usulan nama calon Ketua Umum selain Drh. Irawati Fari yaitu Drh Andi Wijanarko, Ir Teddy Candinegara, Drh Gowinda Sibit, Drh Forlin Tinora. Keempat nama yang diusulkan yang merupakan pengurus ASOHI Pusat menyatakan belum bersedia dicalonkan, sehingga semua menyepakati Drh Irawati Fari melanjutkan kepemimpinan ASOHI.

Sekitar pukul 16.40 WIB, Gowinda Sibit mengetuk “palu” menyatakan sidang Munas telah selesai dan menghasilkan keputusan-keputusan penting termasuk penetapan Ketua Badan Pengawas dan Ketua Umum ASOHI.

Penyerahan dokumen keputusan Munas secara simbolis dari pimpinan presidium kepada Ketua Umum terpilih ditampilkan dalam layar zoom dalam bentuk ilustrasi palu dan dokumen Munas.

Teknis Munas secara Daring dikelola oleh PT Gallus Indonesia Utama divisi Gita Organizer. Dalam kegiatan ini, pengelolaan Munas dilakukan dari GITA Studio. Sejumlah persiapan teknis Munas dikordinasikan secara intensif sejak jauh hari meliputi disain stage, e-frame, virtual background, video opening, video transisi, video closing, ucapan selamat dari mitra ASOHI, penyiapan aplikasi e-voting,  link zoom sidang pleno dan komisi, daftar hadir online untuk tiap sidang dan aspek teknis lainnya.

Lancarnya Munas ASOHI secara daring dengan materi bahasan yang berbobot menunjukkan organisasi ini semakin solid dan kuat dalam mengelola perubahan zaman. Sebagaimana tema Munas VIII ASOHI “Tantangan dan Peluang Industri Obat Hewan di tengah Perubahan”.

Selamat menjalankan amanat Munas untuk Ketua Umum terpilih beserta jajarannya. Semoga sukses. Sumber : http://www.majalahinfovet.com/ (NDV/Bams)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *