Pakan Alternatif untuk Ikan Nila

Siasati harga pakan yang tinggi, pembudidaya ikan nila gilir pemberian pakan komersial dengan pakan alternatif. Apa saja pakan alternatifnya?

Keberhasilan budidaya ikan sangat dipengaruhi ketersediaan dan kualitas pakan yang digunakan. Termasuk kelompok ikan pemakan segala jenis makanan, ikan nila menyerap biaya pakan relatif lebih murah dibandingkan ikan mas atau ikan lele. Namun, tingkat biaya produksi pakan ikan nila tetap mencapai 60-70% total biaya produksi. Untuk meminimalkan biaya, tidak sedikit pembudidaya ikan beralih ke pakan alternatif buatan sendiri.

Ikan nila termasuk pemakan segala atau omnivora. Makanan alaminya adalah plankton, tumbuhan air, dan lainnya. di alam bebas, ikan ini banyak ditemukan di perairan air tawar seperti sugai, danau, waduk, dan rawa.

Terus naiknya harga pakan ikan nila komersial membuat pembudidaya ikan nila terpaksa mencoba beberapa jenis pakan alternatif. Budidaya ikan nila relatif lebih murah karena hanya memerlukan kadar protein sekitar 25%.

Beberapa pembudidaya mencoba menggilir pemberian pakan komersial dengan limbah organik dan produk sampingan dari ayam. ada pula yang menggantikan pakan ikan nila dengan pakan ayam yang lebih murah atau dengan pakan bebek. Tidak sedikit pembudidaya yang berusaha meracik sendiri pelet untuk ikan nila dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di pasar lokal.

Baca Juga:   Pakan Fungsional dalam Akuakultur

Pemberian pakan alternatif ini sebaiknya dilakukan pada saat cuaca relatif panas. Pada saat itu aktivitas ikan nila akan meningkat. Keaktifan yang meningkat ini juga akan membangkitkan nafsu makan ikan nila. Selain ditunjukkan untuk menghemat biaya, pemberian pakan alternatif juga bermanfaat mempercepat tingkat pertumbuhan ikan nila.

 

Selanjutnya baca di Majalah Info Akuakultur

Similar Posts:

  • Comments
  • 1
gusriwal
11-22-16 2:04 am

Mohon penjelasan pembuatan pakan nila alternatif
terimakasih.

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.