PAKAN TERNAK DARI LIMBAH IKAN

Pekerja tengah menjemur limbah ikan sebelum diolah menjadi pakan ternak (Foto: Analisa)

Warga Desa Ujong Kalak Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat berhasil mengubah limbah ikan menjadi pakan ternak.

Seorang warga Desa Ujong Kalak, Ridwan, Minggu (10/3/2019) mengatakan, usaha yang sudah menjadi rutinitas sehari-harinya itu sangat menjanjikan terhadap perekonomian baru bagi keluarga dan warga sekitar. Dalam jangka waktu sebulan, dia mampu memproduksi 1,5 ton pakan karena usaha miliknya banyak diminati kalangan peternak.

“Harga pakan kita jual mulai Rp5.000 sampai Rp7.000/kg. Selain menguntungkan, setidaknya saya sudah mampu menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar dan saat ini telah menampung empat pekerja. Di sisi lain, juga bisa mengurangi limbah pencemaran lingkungan,” katanya.

Dijelaskan, bahan baku untuk memproduksi pakan ternak berasal dari limbah ikan tongkol, sehingga semua limbah bisa dimanfaatkan untuk bahan pakan.

Selain pakan ternak, limbah yang diproduksi untuk usahanya tersebut dapat digunakan berbagai jenis kebutuhan seperti pakan unggas dan campuran untuk pakan ikan lele, ikan nila, ikan mas, ikan mujair dan sebagainya.

Baca Juga:   INDONESIA SIAP PERBESAR PANGSA EKSPOR BABI

Untuk proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelah ikan tongkol direbus dan dipisahkan daging dengan tulangnya, maka limbah ikan kemudian dijemur dan digiling sampai dipasarkan.

“Kalau matahari terik, biasanya proses hanya satu hari, jika  kurang panas sampai dua hari. Setelah itu baru digiling dan dikemas, secara keseluruhan hanya membutukan waktu selama tiga hari untuk memproses pakan,” tandasnya. (Sumber:
http://harian.analisadaily.com)

Agribiz Network

Similar Posts:

  • Comments
  • 0

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.