Daging Lebih Kenyal, Pembenihan Ikan Nila Salina Prospektif!

Indonesia memiliki lahan tambak 1,2 juta Ha. Sayang, sekitar 30—50% luasan berupa lahan tambak marjinal yang belum dimanfaatkan secara optimal (idle) untuk kegiatan budidaya perikanan.

Rendahnya tingkat pemanfaatan tambak bisa disebabkan kerusakan lingkungan akibat eksploitasi berlebihan secara intensif dalam budidaya udang pada periode tahun 1980-an, maupun pengaruh kenaikan muka laut akibat pemanasan global yang menyebabkan perairan di areal lahan tambak menjadi lebih asin. Untuk menproduktifkannya kembali, dikembangkan komoditas strain unggul perikanan budidaya yang adaptif terhadap perubahan lingkungan. Peluang terbesar jatuh kepada ikan nila yang memiliki sifat euryhaline, telah terdomestikasi, bernilai ekonomi tinggi, dan dapat dijadikan sebagai komoditas alternatif pengganti udang, bandeng atau kakap.

Keunggulan ikan nila lainnya yaitu dikonsumsi oleh berbagai lapisan masyarakat, mampu hidup pada perairan marjinal, dapat dibudidayakan baik dalam skala rumah tangga untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dan sumber protein hewani masyarakat, serta dikembangkan dalam skala industri sebagai komoditas ekspor.

Dr. Ir. Ratu Siti Aliah, M.Sc., Peneliti Madya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengatakan, ikan nila (Nile tilapia) Oreochromis niloticus adalah spesies ikan air tawar asal Afrika yang saat ini telah dibudidayakan di lebih dari 100 negara di dunia. Pembudidayaan ikan nila diminati karena kemampuan hidupnya yang tinggi pada perairan marjinal dengan sistem budidaya ekstensif melalui input minimal hingga sistem budidaya intensif. “Mudahnya berkembangbiak juga menyebabkan ikan ini menjadi prioritas untuk usaha dan industri pembudidayaan dengan julukan aquatic chicken atau ikan yang dapat dikembangkan seperti halnya industri ternak ayam. Ikan nila  ukuran 600 gram ke atas dapat dijadikan komoditas ekspor,” ujar Ratu.

Baca Juga:   Memilih Benur yang Berkualitas

Selanjutnya Baca di Majalah Info Akuakultur Edisi April 2016

 

 

Similar Posts:

  • Comments
  • 2
Adi Samseri
07-13-16 12:29 am

Bagaimana memperoleh Info Akuakultur..? Brapa biaya per bulan jika berlangganan..? Saya tertarik umtuk berlangganan. Alamat Jl.Seiker gang Saring No.5A Medan Perjuangan Kota Medan.

image
infoakuakultur
07-13-16 2:47 am

Bapak bisa menghubungi pemasaran kami Rizky Yunandi HP; 08954733750

Sign up for Newsletter

Sign up to get our latest exclusive updates, deals, offers and promotions.